PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
MENGHITUNG NILAI RATA-RATA DENGAN SCROOLBAR
Menggunakan Scrollbar
Komponen scrollbar adalah komponen scrollbar pada window yang digunakan untuk menggulung isi window. Even Onscroll untuk menyatakan apa yang akan dilakukan jika posisi scroll berubah.
1. Tambahkan 4 komponen label dengan caption yang dapat dilihat pada gambar. Tambahkan 4 komponen edit , kemudian ubah property name dengan Enilai, Enilai dan Enilai rata . kosongkan property text pada komponene edit tersebut.
2. Tambahkan 3 buah komponen scrolbar dan 2 buah komponen button. Dan ubah property captionya seperti pada gambar.
3. Pilih scorolbar 1, aktipkan tab event pada object inspector, lalu klik ganda pada kolom onscroll. Anda akan masukke code editor dan lengkapi program sehingga seperi berikut:
Procedure TFrom1. Scrollbar1 scroll(sender: TObject;scrolCode ;
Var scrollPos: Integer) ;
Begin
edt1 . Text := inttostr (sclbr . Position);
end;
4. Dengan cara yang sama lakukan langkah ke 4 untuk scrollbar2 sehingga prosedurnya menjadi seperti berikut:
procedure TFrom1. ScrollBar2Change (Sender:TObject);
begin
edt2 . Text :=inttostr (scrlbr2 . Position);
end;
5. Demikian juga untuk scrollbar3, ubah prosedurnya sehingga menjadi seperti berikut: procedure TForml .ScrollBar3Change (Sender: TObject );
begin
edt3. Text := inttostr (scrlbr3. Position);
end;
6. Doble klik komponen button1 (hitung) kemudian buat prosedurnya seperti berikut:
procedure TForml .ScrollBar3Change (Sender : TObject);
begin
edt4. Text :=floatoster (istroint (sender : TObject) ;
begin
t(edt 3.Text))/ 3);
7. Doudle klik komponen button2 (keluar) kemudian ubah prosedurnya seperti berikut :
Procudure TForm1 . Button 2Clik (sender ; TObject )
Begin
Close;
end;
Program Membandingkan Dua Buah Nilai
Precedure TFrom1.btn1clik(sender:TObject);
Var a,b:integer
begin
a:= strtoint(edt 1. Text);
b:=strtoinnt(edt 2. Text);
ift a=b then
showmessage(‘ Nilai A Besar Nilai B’);
if a=b then
showmessage (‘Nilai A sama Dengan B’)
end;
procedureTFrom1. btn2clik(sender: TObject);
begin
Close;
end;
end;
Program ” Luas persegi panjang ”
Procedure TFrom 1.Clik(sender: TObject);
Var a,b ;integer
Begin
a:=strtoint(edt1. Text ) ;
b:=strtoint(edt2. Text ) ;
edt3.text:= inttostr(a*b);
end;
procedure TFrom1.Button2Clik(sender:TObject);
begin
close
end.
End.
Progam kalkulator Pimitif
Procedure TFrom 1.Button1Clik(sender : TObject);
var a,b : integer;
begin
a:=strtoint(edt1. Text ) ;
b:=strtoint(edt2. Text
edt3.text : = inttostr(a+b);
end;
Procedure TFrom 1.Button2Clik(sender : TObject);
var a,b : integer;
begin
a:=strtoint(edt1. Text ) ;
b:=strtoint(edt2. Text
edt3.text : = inttostr(a-b);
end;
Procedure TFrom 1.Button3Clik(sender : TObject);
var a,b : integer;
begin
a:=strtoint(edt1. Text ) ;
b:=strtoint(edt2. Text
edt3.text : = inttostr(a*b);
end;
Procedure TFrom 1.Button4Clik(sender : TObject);
var a,b : integer;
begin
a:=strtoint(edt1. Text ) ;
b:=strtoint(edt2. Text
edt3.text : = floattostr(a/b);
end;
Procedure TFrom 1.Button5Clik(sender : TObject);
Begin
close
end.
Program Menentukan Bilangan Ganjil Atuau Genap
Procedure TFrom 1.Button1Clik(sender : TObject);
var a,b : integer;
begin
a;=strtoint(edt1.Text);
if a mod 2 = 0
showmessage(‘Bilangan Genap’);
showmessage(‘Bilangan Ganjil’);
end;
Procedure TFrom 1.Button2Clik(sender : TObject);
begin
close
end;
end.
Program Nilai Ujian
Procedure TFrom 1.Button1Clik(sender : TObject);
var a,b : integer;
begin
a;=strtoint(edt1.Text);
case a of
0.20 :edt.2.Text : =’E’;
21.40 :edt.2.Text : =’D’;
41.60 :edt.2.Text : =’C’;
61.80 :edt.2.Text : =’B’;
81.100 :edt.2.Text : =’A’;
end.
Procedure TFrom 1.Button2Clik(sender : TObject);
begin
close
end;
end.
MEMIILIH WARNA
Procedure TFrom 1.RadioButton1Clik(sender : TObject);
begin
from1.color:=clRed;
end;
Procedure TFrom 1.RadioButton2Clik(sender : TObject);
begin
from1.color:=clyellow;
end;
Procedure TFrom 1.RadioButton3Clik(sender : TObject);
begin
from1.color:=clblue;
end;
Procedure TFrom 1.RadioButton3Clik(sender : TObject);
begin
from1.color:=clgreen;
end;
Procedure TFrom 1.Button1Clik(sender : TObject);
Begin
From 1.Color := clemenubar;
rb1.checked := false;
rb2.checked := false;
rb3.checked := false;
rb4.checked := false;
end;
Procedure TFrom 1.Button2Clik(sender : TObject);
Begin
clsoe;
end;
end.
Jalankan program
Tidak ada komentar:
Posting Komentar